“Deep Freeze” sebagai program penetralisasi sistem komputer

Pernahkah data ketikan anda hilang seketika saat anda merestart komputer? Dan Anda khawatir bahwa komputer Anda telah terinjeksi virus ganas? Janganlah khawatir! Jika anda sebelumnya telah menginstall “Deep Freeze” maka komputer anda telah terlindungi.

Kita ambil saja contoh mudahnya, Apa guna dari pagar pada pekarangan rumah Anda? Selain sebagai pembatas wilayah milik Anda, pagar juga melindungi pekarangan rumah Anda dari berbagai gangguan, misalnya hewan-hewan liar, maling dan sebagainya.

Sama halnya dengan “Deep Freeze” sebagai pembatas wilayah penting pada komputer Anda. Ketika menginstall dan mengaktifkan “Deep Freeze” pada hardisk (C) maka system C akan terlindungi dari gangguan apapun. Tidak terkecuali, data ketikan yang anda masukkan di “my document”, walaupun bukan virus, saat komputer dimatikan maka data tersebut hilang. Ini bukan berarti komputer Anda sedang terjangkit virus.

Ketika Anda save program di data C, maka system hanya memberi bayangan dari data anda. Ini berarti Anda telah meletakkan data Anda di luar pagar/pelindung sistem komputer. Akibatnya data Anda hilang. Maka tempatkanlah data penting Anda ke lokasi  D, karena sistem D adalah rumah sistem komputer Anda (jika terinstall Deep Freeze).

Ada beberapa alasan mengapa Deep Freeze harus diinstall pada sistem komputer:

– Repot selalu install ulang windows karena komputer sering terkena virus.

– Ingin data yang ada di sistem komputer selalu tetap pada tempatnya.

– Menghindari sistem error saat menjalankan aplikasi tertentu.

– Tidak ingin sistem komputer diacak-acak orang lain (orang yang menginstall sembarang software ke komputer, biasanya pada komputer di warnet)

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa Deep Freeze penting. Namun saya ambil garis besarnya saja. Segeralah menginstall Deep Freeze kalau anda ingin komputer anda selalu fresh setiap saat! Tetapi sebelum menginstallnya, mari kita ikuti cara-cara sebagai berikut:

– Install ulang windows komputer Anda.

– Install beberapa software pendukung komputer Anda, seperti: “MS. Office, Acrobat Reader, Antivirus, Antispyware, Adobe photoshop (ACDC dll), dan lain-lain”.

– setelah selesai menginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan, tutuplah proses penginstallan dengan menginstall Deep Freeze.

Deep Freeze dipasang sebagai aplikasi penutup/terakhir. Artinya proses penginstallan setelah diinstallnya Deep Freeze akan ditolak oleh sistem komputer.

Wah, gawat kalau lupa menginstall beberapa program di komputer, atau ingin menambahkan program penting lainnya, maka program tersebut akan hilang tanpa jejak. Hal ini dapat diatasi dengan menonaktifkan Deep Freeze. Caranya: tekan “shift” lalu klik icon beruang di bagian pojok kanan bawah. Buka kunci password lalu nonaktifkan. Restart komputer anda, kemudian cek kembali apakah deep freeze telah nonaktif, kalau belum coba kembali hingga berhasil. Kalau sudah selesai barulah Anda bisa Install program yang anda perlukan.

Saat menginstall program setelah deep freeze dinonaktifkan berarti memberi ruang virus untuk masuk ke dalam sistem komputer. Maka inilah gunanya Antivirus dan antispyware. Scan komputer Anda menggunakan antivirus dan antispyware setelah menginstall program baru. Setelah benar-benar bersih, Aktifkan kembali Deep Freeze lalu restart komputer Anda. (caranya sama seperti menonaktifkan Deep Freeze).

Jika Anda belum mempunyai Deep Freeze atau antispyware, silakan mendownloadnya gratis di:

Untuk antispyware:

http://www.ziddu.com/download/12829435/Abelssoft.AntiBrowserSpy.2009.v2009.1.8.Bilingual.rar.html

 

http://www.ziddu.com/download/12829436/Spyware.Cease.v3.6.Win2kXPVista.rar.html

 

http://www.ziddu.com/download/12829439/Real.Spy.Monitor.v2.90.WinAll.rar.html

 

http://www.ziddu.com/download/12829531/XoftSpySE.v4.33.5259.rar.html

 

http://www.ziddu.com/download/12830398/xp-AntiSpy3.96-8.rar.html

 

Deep Freeze:

http://www.ziddu.com/download/12830400/DeepFreeze6.4.rar.html

 

 

Baca Artikel sebelumnya tentang “Cara merawat komputer”:  http://adf.ly/CbAQ

Pada intinya, Deep Freeze adalah penetralisir sistem pada komputer dari gangguan file yang mencurigakan.

 

Demikian, semoga bermanfaat!

 

Author: Sariful L

Email: teknokominfo.edu@gmail.com

Facebook dan twitter:  rif_rh.hansome@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s