NASKAH UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA (Download Gratis Soal UN)

Perkembangan pendidikan dewasa ini sudah banyak perubahan. Pada zaman saya sekolah dahulu sekitar tahun 2004, manfaat teknologi belum merata dirasakan oleh siswa dan sekolahan. Namun seiring masuknya teknologi berbagai daerah menyebabkan perubahan yang signifikan. Mendapatkan informasi dan pengetahuan terasa lebih cepat dan praktis. Setidaknya kita tidak bersusah payah lagi mencari informasi tentang sesuatu karena adanya media khusus, misalnya internet.

Saya sadari bahwa pada zaman saya sekolah dahulu saya belum pernah sekalipun mengenyam pelajaran Ilmu Komputer. Menyesal sekali, setelah saya lulus tahun 2004, dan setelah itu barulah ada yang namanya Ilmu komputer diajarkan pada siswa-siswa. Warnet pun mulai bermunculan di mana-mana. Di dekat lingkungan sekolah hingga masuk ke lingkungan kompleks perumahan.

Hingga dewasa ini pun perkembangan teknologi sudah makin pesat. Pencarian informasi pun tambah lebih praktis. Peralatan teknologi yang semakin canggih menuntut sekolah yang sudah maju (mutakhir) mulai menggunakan peralatan tersebut sebagai peralatan yang membantu proses pembelajaran.

Saya sedikit merasa bangga bahwa sekarang pendidikan di Indonesia sudah mulai maju. Namun sangat disesalkan penggunaan alat-alat teknologi tersebut belum dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pihak sekolah. Meski ada pelajaran tentang Ilmu Komputer, serta menggunakan internet sebagai sarana pencarian informasi yang praktis, namun kurikulum sekolah masih belum mengikuti arah kemajuan teknologi tersebut secara signifikan.

Sebagai contoh masalah format soal-soal ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia dari rentang tahun 2004 hingga sekarang ini masih belum ada perubahan. Bentuknya serupa, hanya saja letak nomor soalnya saja yang berbeda.

Dan, jika saya hubungkan antara kurikulum pelajaran Bahasa Indonesia dan Ujian nasional tahun sebelumnya masih belum padu. Yang membuat saya greget adalah ketika saya ingin meneliti tentang kemampuan siswa SMA dalam memahami “Puisi”, kebetulan ini yang menjadi objek penelitian dalam skripsi saya. Keinginan tersebut kandas sebab tidak ada materi puisi yang diajarkan di SMA, dan penelitian saya harus sesuai dengan kurikulum yang ada di sekolah. Akhirnya dengan terpaksa saya mengalihkan penelitian ke SMP.

Saya kecewa setelah melihat soal-soal ujian nasional Bahasa Indonesia rentang tahun pelajaran 2007-2009 masih ada soal tentang puisi, padahal di SMU sudah tidak ada lagi pelajaran tentang puisi. Bahkan ada soal melengkapi puisi, pencitraan objek dalam puisi yang tertera di soal. Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah siswa masih dapat mengingat materi puisi yang diajarkan saat SMP lalu? Tidak tanggung-tanggung soal tentang puisi yang keluar dalam ujian nasional hingga mencapai 12% – 16% (sekitar 6 – 8 soal). Dan, ini menurut saya sangat berpengaruh bagi nilai siswa sebab jika tidak terjawab maka mereka kehilangan skor 12 – 16.

Inilah seperti yang saya ungkapkan semula bahwa kurikulum sekolah masih belum berubah. Masih menjiplak dari kurikulum sebelumnya. Buktinya, soal-soal yang masuk ujian nasional tahun lalu pun serupa dengan soal-soal zaman saya ujian nasional dahulu (tahun 2004), dan kemungkinan soal-soal ujian sekarang pun serupa pula.

Untuk mengatasi kekurangan dalam kurikulum tersebut sebagai guru SMU harus mengajarkan kepada siswa cara menjawab soal-soal ujian nasional lebih dini, terutama pelajaran puisi agar kekurangan tersebut dapat tertutupi dengan rapi.

Satu hal yang menjadi pertanyaan saya adalah, mengapa susah sekali mencari dokumen soal-soal ujian nasional tahun lalu? Apakah ini adalah sistem pendidikan Indonesia masih tertutup dalam pencarian informasi, ataukah masalah ini kurang menarik perhatian para blogger untuk mensharing ilmu? Saya khawatir jikalau saya sharing soal ujian nasional kepada khalayak akan diusut seperti kasus Wikileaks, dan indoleaks.

Tetapi silakan saja mendownload soal-soal ujian nasional di blog ini. Untuk urusan pendidikan harus pertama diperhatikan.

Untuk mendownload soal-soal ujian nasional silakan berkunjung di:

http://adf.ly/DJwb <—- Soal ujian B.Indo tahun ajaran 2007/2008

http://adf.ly/DJy4 <—- Soal ujian B. Indo tahun ajaran 2008/2009

http://adf.ly/DJzO <—- Soal ujian B. Indo tahun ajaran 2009/2010

Sekian, semoga bermanfaat bagi semua! Terima kasih.

Author: Sariful L.

Email: teknokominfo.edu@gmail.com

FB dan Twitter: rif_rh.hansome@yahoo.com

Leave a Reply

